300 Jam ++ di Rishikesh

300 Jam ++ di Rishikesh

Patung Dewa Siwa di Sungai Gangga

Meskipun tujuan utama saya mengikuti 300 jam yoga teacher training di Rishikesh, kota ini  merupakan  kota ketiga yang saya kunjungi dari rangkaian perjalanan enam minggu saya di Negeri Hindustan. Dua kota sebelumnya adalah New Delhi dan Amritsar, Punjab. Saya memang tiba 7 hari lebih awal dari jadwal training.  Jadi masih bisa melipir

22 Januari 2020, penerbangan tujuh jam dari Brisbane menuju Singapore, transit selama sembilan jam di kota singa, lalu melanjutkan perjalanan dengan air lines yang sama menuju Bandara Indira Gandhi, New Delhi.

 

Sekilas Info tentang Rishikesh

Rishikesh merupakan kota yang berlokasi State: Uttarakhand..

Rishi mempunyai arti orang suci (sages or yogi or spiritual people) Kesh means The Dwelling. Rishikesh home of yogis / Sages.

Tempat ini dahulunya merupakan hadiah dari Raja dari Kerajaan Tehri untuk para yogi yang

 

Kuil dan asrama yoga adalah tempat favorit para

Setiap kita belanja apapun… tidak ada kantong plastic di sini.. wooowwww salut..

 

So, welcome to Rishikesh, the capital of (yoga), Tourist.

 

Baik untuk diketahui

Waktu Berkunjung:

November hingga Februari udara dingin, sampai ke tulang rasanya. Tidak baik untuk teman-teman yang hendak beryoga. Bayangkan peserta yang datang dari Rusia, Ukraina dan Pantagonia merasa tidak nyaman dengan cuaca dingin. Apalagi saya yang notabene dari Timur Indonesia. Nangis Bombay maaakkk.

Pakaian hangat sudah siap di koper, tiba di Rishikesh tetap ada yang dibeli – kaos tangan dan penghangat betis.

 

Things to do :

Yoga, Yoga dan Yoga, Meditasi, Kirtan, Charity, Sun bathing di tepian Ganga, nyeruput masala chai setelah beryoga, nikmat mana lagi yang kau dustakan!

Cobain pijat dengan teknik – terapisnya cowok – ehhh brother dia ada yang sudah menetap dan menikah dengan warga Bali. Wahhh selamat mas bro dan mba bro. Pasangan ini adalah terapis professional di hotel *5. Hahah lengkap yahh info saya. Kamu hubungi saya sodara saya kalo ke Bali, Sambil nunjukin Akun media sosial .

Saya berani coba, sebab 85 persen siswa yang belajar di tempat kami bolak balik ke terapis ini. Sisanya ngapain? Sibuk belajar, main hape, keliling bazaar dan nongkrong di teras.

Namanya kan terapi, minimal tiga kali yoo, kalo sekali doang, sulap dong. Fee per session Inr 1,500 dengan durasi kurleb sejam.

 

Point of Interest:

  1. Ram Jhula
Jembatan Rama

Jhula dalam Bahasa Hindi mempunyai arti Jembatan. Terdapat dua jembatan yang membelah sungai Ganga; Ram Jhula dan Lakshman Jhula. Dua nama yang melegenda dalam cerita epic Ramayana. Rama dan Lakshmana, salah satu putra Rama dan Shinta.

Jembatan besi ini mulai difungsikan tahun 1986, dengan Panjang 229 meter. Pemerintah local membangun jembatan ini untuk membantu asrama Sivananda yang berada di sisi asrama swarga. Jembatan yang menghubungkan Muni ki Retty, wilayah dengan dengan asrma Swarga. saat menyeberang Ram Jhula, kita harus berbagi jalur dengan pengendara motor yang tak bosan membunyikan klakson kencang, plus sepi (baca sapi – ) dan pejalan kaki yang tetiba berhenti untuk berswafoto. Jembatannya suka goyang kalo kena hembusan angin dari arah Himalaya.

 

  1. Lakshman Jhula

Lakshmana adalah salah satu putra Rama dan Shinta. Hampir tiap hari saya dan teman-teman melintasi jembatan ini. Hahah karena Lakshman jhula adalah satu-satunya akses terdekat dari asrama kami menuju seberang.

Ukuran Panjang, mungkin sama Panjang dengan Ram Jhula (jika kalian tidak buru-buru, saya bisa tanyakan ke ) heheh lol.

Pengalaman pertama yang kurang enak di sini, tas berisi buah dirampas monyet nakal.

 

 3.  Beathles Ashram

Akomodasi twin bedAsrama ini sudah beralihfungsi. Sekarang telah manjadi

Secara

HTM : tourist Inr 600 – lebih mahal dibanding htm ke Amber fort, Jaipur

Warga local Inr 150 – saya dapat harga lokal guys

 

 

  1. Upacara Aarti 
Upacara Aarti

Setiap hari minggu pukul 18.00 waktu setempat, upacara aarti Diadakan di sepanjang aliran sungai gangga Parmarth Niketan

 

 

  1. Rafting

 

 

Image is important guys… heheh saya cuman numpang mejeng di depan perahu karet.

 

  1. Trekking di kaki gunung Himalaya
Menikmati alam

Hari minggu pertama di asrama, kami diajak mengenal alam sekitar kaki gunung Himalaya. Dari asrama kami berjalan menuju Jalanan sempit menikung tajam adalah pemandangan dari dalam kendaraan yang kami tumpangi. Tetiba isi perut agak goncang, kepala pening.. hhhmmm tanda-tanda saya harus tenang dan berhenti mengabadikan moment dengan kamera. Weekend di sini penuh sesak dengan kendaraan.

 

Transportasi

Bandar udara Derahdun melayani penerbangan dari/ke Delhi-Rishikesh. Sedang ada konstruksi perluasan bandara di sini. Bandara ini merupakan

Bis umum dan bis turis juga tersedia. Pilihan transportasi kereta juga bisa – stasiun terdekat menuju gerbang Rishikesh adalah

Saat kedatangan saya, banyak kereta yang terpaksa dibatalkan karena hari libur “Republic Day” Setelah muter sana sini, saya dapat “government bus” trayek Kashmere Gate – Rhisikesh.

Jam 11 siang berangkat, tiba di stasiun bus Rishikesh pukul 7.30 malam .

 

 

 

Akomodasi:

                                                            Akomodasi twin bed ; 

Beragam tempat menginap dapat kalian temukan dengan mudah di Rishikesh, dari tipe asrama hingga hotel berbintang.

Jika memilih tinggal di asrama, bawaan kamar sudah sepaket dengan kelas yoga dua kali sehari dan makan (menu vegetarian) ala yogi yaitu dua kali dalam sehari. Teh herbal selalu tersidia setiap hari.Makan siang pukul 10.00 dan makan malam pada jam 19.00. Kadang lemot, maklum teman-tenya ada yang nyangkut di kamar, mau ini dan bikin itu.. serba-serbi kehidupan.

Di asrama kami, tidak ada fasilitas internet. Paling telat jam 9.15, kami sudah harus masuk asrama, pukul 22.00 light off.

 

Shopping:

Di sini – maklum tempatnya tourist sehingga harga produk apapun itu yah harga turis. Sempat curhat dengan teman yang di Delhi, tapi saya yang kena semprot ‘mahalan mana sama ostralia’?

 

Pasar Lokal:

Banyak banget  yang bisa diborong di pasar ini. Harganya emang lebih murce aka murah dibanding tempat belanja di Ram jhula atau Lakshman Jhula. Belanja pakaian, make-up, nyobain street food (nyobain jelebi), hingga pernak-pernik untuk keperluan yoga studio di negara masing-masing. Seorang teman sampai beli peralatan masak untuk diboyong ke Jerman prends.. Wehhh emak-emak.. emang paling bisa yahh.

Harga barang di pasar Lokal emang lebih miring dibanding harga produk yang sama di seputaran Ram Jhula atau Laksman Jhula. Tak usah sungkan menawar, heheh sambil senyum, senyum lalu bilang, uncle, can I have good price ? sambil ngitung item yang kita beli plus teman yang juga ikutan belanja. Hahah

Lokasi : Jl. Haridwar, Triveni Ghat Chowk, Rishikesh

 

Resto dan tempat ngupi

Oiya, kalian akan banyak menemukan nama tempat ngupi dengan nama kota di penjuru dunia, German bakery, Kafe Oslo

Tempat favorit kami tuh warung kopi kecil, nyempil dan tak ada nama. Pemiliknya warga Nepal yang sudah menetap di Rishikesh sembilan belas tahun. Walau nyempil dan sempit, tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Ga ada yang buru-buru, para pembeli sabar menunggu pesanan. Yang melani hanya dua orang – tiap hari ke sini walau hanya untuk membelil secangkir masala chai – teh rempah atau cinnamon roll, croissant, bola-bola cokelat juga enak.

Warm stuff: Saya dan teman terpaksa membeli sarung tangan Inr 120 (harga pas ga boleh nawar) dan penghangat betis dan bandana Inr 250 (harga paket hehe)

 

Singing Bowl kerap digunakan untuk terapi musik (sound healing) –  tergantung kebutuhan teman-teman, mau

PS: ada tujuh chakra (energy) – nanti minta abang-abangnya untuk cek nada singing bowl lewat apps di telepon pintar penjual  – tidak ada singing bowl untuk tujuh chakra

 

Gems & Stone :

 

Cobain makan siang di Rajasthani Sweet Mishthan Bhandar – vegetarian resto yang terletak di Jl. Haridwar, Triveni Ghat Chowk, Rishikesh

 

Money Changer – konter money changer yang saya tahu, sebelah gang Honey Hut kafe. Satu Gedung dengan toko perhiasan.

Simcard: Di Rishikesh,  abang-abang toko ponsel nyaranin airtel untuk paketan internet. Saya sudah set up Vodafon store Cannaugh Place, Delhi. Pilihan paket untuk dua bulan dengan harga sekitar Inr 800. Beda tipis

 

Namaste from Totaram café,Coimbatore, Tamil Nadu State

Thank you come again

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *