Wisata Unik Mata Air Panas Parigi Moutong

Wisata Unik Mata Air Panas Parigi Moutong

Sumur Alam Mata Air Panas

Siang itu suhu di Parigi Moutong (Parimo) sudah gerah, berdekatan dengan titik khatulistiwa, membuat cuaca di daerah ini terasa begitu garang. Namun kami masih datang berkunjung ke mata air panas “Tolole”  yang terletak di Desa Tolole, Kecamatan Ampibabo, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Salah satu “kekayaan” wisata alam Parimo yang tidak umum adalah sumber mata air panas yang berada di bibir pantai. Umumnya kita akan menemukan sumber mata air panas di daerah yang dekat dengan gunung berapi. Yakan, Indonesia itu memang juara dech untuk destinasi alam.

Pengunjung cukup membayar sepuluh ribu rupiah untuk dapat berendam kaki di dalam baskom yang telah disediakan pengelola. Jika ingin berendam seluruh badan, kalian dapat menyewa bak mandi. Cukup bayar dua puluh lima ribu rupiah sahaja dan berendam sesukanya.

 

Pesisir Pantai

Ada dua lokasi sumber mata air panas yang desa ini. Lokasi yang pertama berdekatan dengan pintu masuk dengan papan nama. Ada dua sumur di sini. Setelah kami coba, suhu air kurang cocok untuk kaki kami yang pegel.

Kami lalu menuju lokasi sumur kedua dengan berjalan kaki menyisir bibir pantai dengan ombak yang dasyat. Nah Saya dan enam teman langsung mencoba berendam. Woow.. luar biasa sensasinya, lima sumur yang letaknya berdekatan memiliki suhu yang tidak sama. Mulai dari yang sumur yang mengeluarkan air bersuhu suam-suam kuku, panas hingga puaannaasss bangeet.

Bak Mandi dengan View Laut Keceh

oia gaes, menurut informasi yang saya kumpulkan dari Wikipedia, Air panas diyakini lebih dapat mengencerkan padatan mineral. Air dari sumber mata air panas memiliki kadar mineral tinggi seperti kalsium, litium dan radium.

Berendam dalam air panas bermineral dipercaya bermanfaat untuk kesehatan tubuht dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit  hingga rematik lho. Apalagi ada kandungan air laut yang baik untuk menghilangkan pegel-pegel setelah trekking Puncak Pompana Sori.

Sensasi Berendam Air Panas di Bibir Pantai

Yang tak kalah serunya, berendam sehat sambil menikmati pemandangan laut  dengan gradasi tiga warna menjadi pengalaman  dicari banyak traveller. Para Ibu yang mengelola tempat ini juga sangat ramah dan tak segan untuk becanda. Mereka menaburi wajah dengan masker untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Saat kami berkunjung, tempat ini berasa milik pribadi. Heheh maklum saja tidak ada pengunjung  lain. Ruang ganti sudah tersedia, namun sayang, air bersih untuk bilas belum terkoneksi dengan ruang ganti sekaligus kamar kecil.

Hhhmm Saya yakin jika dikelola secara profesional dengan pendekatan industri wisata, tidak mustahil tempat ini menjadi ikon wisata Parimo yang baru dan dengan sendirinya akan mendatangkan nilai jual.

Jangan tinggalkan sampah di manapun kalian berkunjung, bagi yang sudah pernah main ke sini, boleh dong share pengalaman kalian.

Dermaga Khatulistiwa, Parigi

 

 

AKSES

Sumber mata air panas Tolole terletak di desa Tolole, Ampibabo, Parigi Sulawesi Tengah – pintu masuk persis di pinggir jalan Trans Sulawesi Poros Sulawesi Tengah Gorontalo.

Bus/travel dari Palu menuju Parigi Moutong (harga tiket sekitar 80 – 100Rb; tergantung jenis transportasi. Lalu sewa mobil kisaran harga 300rb (belum termasuk BBM dan sopir).

Biaya Sewa Mobil & BBM : NIL – Donasi dari teman

 

AKOMODASI

Pilihan akomodasi tersedia di Parigi dari range IDR 250ribu hingga IDR 500ribu

Biaya Akomodasi  : NIL –  ditampung Kepala Markas PMI Parigi Moutong

 

TOTAL PENGELUARAN:

  1. Sewa baskom         IDR 15,000
  2. Sewa bak mandi    IDR 35,000

Total                  IDR 50,000

Biaya dapat berubah sewaktu-waktu – tergantung waktu keberangkatan – trip ini terselenggara di Bulan September 2019.

 

 

Salam Traveller.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *