7 Jenis Makanan Baik Dikonsumsi Sebelum Beryoga

7 Jenis Makanan Baik Dikonsumsi Sebelum Beryoga

You are What You Eat

Kebanyakan dari kita memiliki  “kamus” sendiri untuk jenis makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga. Iya dong, kan sudah membakar kalori.. Salah makan bisa sia-sia effort kalian untuk mendapatkan berat badan ideal.

Lalu, tahukah kita, bahwa sebelum berlatih fisik, tubuh kita juga memerlukan asupan makanan yang baik dan seimbang. Sumber makanan tersebut tidak hanya  memberikan energi pada tubuh, namun juga semangat. Cattet yahh! Tidak semua jenis olah tubuh memerlukan asupan makanan sebelum kita berlatih.

Terlalu kenyang akan membuat kita susah bermanufer di atas matras. Sebaliknya menghindari makan sebelum berolahraga, kadang efek pusing dan mual akan dirasakan karena tubuh kekurangan glukosa.

7 Jenis makanan ini wajib hukumnya jika kalian hendak berasana. Pertimbangannya adalah, saat  beryoga, tubuh kita akan banyak melakukan gerakan menukik (forward bend), dipelintir (twisting), pembalikan badan atas ke bawah (inversion), membalikkan tulang belakang yang cenderung berlawanan (back bend) dan masih banyak lagi.

 

1. Smoothie Berries; 

Smoothie Berries

Yummmyy banget yahh.. smoothie berries (semua jenis berries; strawberries, blackberries, blueberries, gojiberries dkk) mengandung  gula buah yang tentu saja bersahabat dengan serat dan energi loh.

Minum segelas smoothie berries  pra latihan akan membuat kalian kenyang selama beryoga.

2. Telur Rebus

Telur Rebus

Mau makan putih telurnya saja silahkan. Konsumsi kuningnya ajah.. boleh juga atau mau putih dan kuning. Sok atuh.. Jangan lupa cangkang telur dibuang yah

Telur rebus mengandung protein dan hhmm bisa bikin kenyang, selama mengikuti kelas yoga.

“Akuh sih makan telur rebus selalu dengan kuningnya”. Kalo Kalian?

3. Apple

Apel Malang

Semua jenis apel baik bagi tubuh. Apel Malang, apel Fuji atau apel Washington. Buah apel  mengandung banyak air dan serat.

Kandungan tersebut dapat menggantikan cairan tubuh yang keluar alias keringat setelah kita membakar kalori. Apel juga memberi rasa kenyang hingga selesai latihan.

 

4. Waffle, Crepes, Pancake dan Kafein

Protein dan Kafein

Tak jarang  ada permintaan ngajar kelas yoga pagiii banget.  Supaya enggak ngantuk saya selalu mengkonsumsi kopi  di pagi hari ditemani wafel atau pancake sebelum beratraksi di matras. Seperti kita ketahui bahwa kopi mengandung asam klorogenik, yang dipercaya dapat menstimulasi insulin dalam tubuh.

I am a coffee lover – Secangkir cappuccino dan waffle dengan topping sirup mapple,  memberiku semangat baru menyelesaikan kelas yoga berdurasi 60 hingga 90 menit.

5. Minuman Elektrolit

Racik Sendiri Minumanmu

Sebaiknya hindari minuman ion kemasan yang dijual di supermarket. Selain harganya yang cukup mahal, kandungan gula dan pemanis buatan dalam minuman tersebut bisa mengganggu diet kita.

Sesekali cobalah meracik sendiri minuman elektrolit Anda. Perasan lemon atau lime dimasukkan ke dalam air putih yang telah dicampur dengan daun mint adalah kesukaan saya.

Recomended dech! Baik bagi kesehatan dan baik juga untuk dompet. Setuju ?

6. Overnight Oat

Oat sehat siap konsumsi

Cara lain menyantap oats dengan nikmat yaitu mendinginkan oat yang telah dicampur dengan buah dan yogurt serta topping sesuai selera. Proses pendinginan hanya nselama satu malam.

Menu sarapan sehat ini praktis dan mengenyangkan loh. Tak usah takut mual sebab kandungan beta glucan pada oats memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan dan jantung.

7. Aprikot

Buah Aprikot kering

Berlatih yoga di pagi ? HHHmm Walau  postur yoga terlihat mudah, secara kasat mata, namun gerakan-gerakan yoga terkadang membutuhkan power dan konsentrasi penuh.

Apalagi setelah 8 jam tubuh kita berpuasa (selama tidur), tentu saja kandungan glukosa dalam darah menurun dan berakibat tubuh menjadinlemas.

Kalian bisa meningkatkan energy dengan mengkonsumsi aprikot sebelum yoga tanpa perlu kuatir kekenyangan sebab sumber gula natural yang dimiliki aprikot sangat baik bagi tubuh. Kesulitan mendapat Aprikot seger di pasar buah ? Kalian bisa menggantinya dengan aprikot yang telah dikeringkan.

 

Oiya,  hindari goreng-gorengan sebelum berolah ragaya yag gaes.  Minyak yang menempel pada makanan dapat membuat kalian mual.

Nah, diantara 7  ragam makanan di atas, demennya  yang mana gaes? Atau mungkin kalian punya rekomendasi olahan makanan yang lain, boleh dong share.

 

Tetap semangat Beryoga

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *