Suatu Pagi Bersama Sunday Karma Yoga

Suatu Pagi Bersama Sunday Karma Yoga

Would you like to develop your interest in yoga? Or if you are already a yoga teacher, would you like to share and expand your knowledge ? Read this if you want to get more from yoga 

Sunday Karma Yoga

Minggu pagi Jakarta diramaikan dengan  kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias Car Free Day (CFD). Wilayah yang terkena CFD antara lain Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan MH Thamrin, mulai dari Simpang Patung Kuda hingga Bunderan Senayan. Jalan Suryo Pranoto di Jakarta Pusat dan Jalan Pemuda di Jakarta Timur. Titik keempat  berada di  Jalan Mampang Prapatan Raya hingga duren tiga di Jakarta Selatan. Di Jakarta Utara juga ada, yakni di Jalan Boelvard Kelapa Gading. CFD di mulai pukul  06:00 WIB hingga pukul 11.00 WIB

Hari Bebas Kendaraan Bermotor pertama kali digelar di Jakarta pada 23 Mei 2002. Kegiatan yang dilakukan oleh Koalisi LSM Lingkungan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan pemerintah. CFD bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor.

Tak jarang CFD dijadikan ajang ngumpul sebuah komunitas. Dari nongkrong jelita, jajan,  ajang cuci mata sampai olahraga. Buat kalian yang gemar berolahraga, boleh loh sesekali bergabung dengan teman-teman dari Sunday Karma Yoga (SKY). Setiap hari minggu pukul 8 pagi, ada kelas yoga di FX Sudirman.

Yoga olahraga yang dikenal masyarakat di kota-kota besar seperti Jakarta, tumbuh menjamur. Digemari banyak kalangan karena memiliki ragam manfaat. Selain memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kelenturan tubuh, yoga juga membantu menjernihkan pikiran dari pengaruh sudut pandang negatif. Bonusnya para pelaku yoga (yogi dan yogini) mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Saya berkesempatan berbincang-bincang sejenak bersama Couch Hendri seorang penggiat yoga sekaligus pembina SKY.

Hendri Bersama komunitas yoga kecil yang awalnya disebut yoga misbar alias gerimis bubar memulai kegiatan SKY  tepat pada tanggal 28 Januari 2017 silam. SKY bertempat di lantai 3 atau 5 FX Sudirman, dengan jumlah kehadiran peserta sebanyak lima atau enam orang.  Satu tahun berjalan, SKY dihadiri minimal 40. Dari hasil percakapan, rupanya kami berdua menyelesaikan 200 jam pelatihan guru yoga pada institusi yang sama. Couch lebih dahulu lulus dibandingan saya yang baru kelar sertifikasi “ngajar” pada tahun 2015.

Sharing is Beauty

Sunday Karma Yoga mengispirasi warga Ibukota untuk menjaga kesehatan dengan cara berolah raga. Dalam sebulan ada empat kali tatap muka. Entah di minggu pertama atau minggu kedua tiap bulan, ada satu kali pertemuan yang terdiri dari dua sesi pelatihan. Makanya kalian pantau trus tuh IG @sundaykarmayoga. Kombinasi yoga dengan body combat, padu padan zumba dan yoga, atau dua jam diisi dengan kelas yoga dari dua guru yang berbeda. Awesome maaaannn.

Konsepnya sederhana – menyelenggarakan yoga bermutu bagi warga Jakarta. Mereka yang belum punya akses ke gym atau studio yoga. Yoga yang pure olah tubuh tanpa bersinggungan dengan ritual atau penggunaan elemen keagamaan – terang Hendri, ketika ditanya apa yang mengispirasinya untuk membentuk SKY.

Kelas SKY

Tidak usah risau, walaupun bergelar yoga sukarela (volunteer), baik sebagai pesrta atau tim pengajar. bukan berarti sequence yoga ecek-ecek loh. Kelas yoga yang diselenggarakan SKY dalam bimbingan guru yoga bersertifikat dan punya pengalaman. So you are in the capable hand!

Bonus; kalian akan lebih bervariasi dalam mengumpulkan keringat sebab para instruktur yoga SKY datang dari berbeda-beda aliran yoga.

I am NOT flexible!  Banyak yang kurang PD ikut yoga dengan alasan tubuh tidak lentur. Dngan keberadaan instruktur profesional, SKY menyajikan  pelatihan yoga yang cocok untuk para pemula (beginner) dan baik juga bagi mereka yang suka pose-pose sulit (challenge). Mulai saja dulu!

Untuk mengikuti kelas Sunday Karma Yoga, kalian tidak perlu dipusingkan dengan registrasi dan mengeluarkan dana alias gratis. Cukup datang tepat waktu dengan membawa matras yoga sendiri. Berbaur dan berbagi energi positif bersama peserta dan guru-guru hebat di sana.

stay calm & do yoga

Yuks kepoin keseruan SKY di akun IG @sundaykarmayoga.

Namaste

One Reply to “Suatu Pagi Bersama Sunday Karma Yoga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *