104 Tahun Memperingati Hari Anzac di Queensland

104 Tahun Memperingati Hari Anzac di Queensland

www.google.com.au

Perjalanan saya di Queensland hari ini tidak lagi menyusuri Surfers Paradise atau berpetualang ke Outback melainkan melihat sejarahnya. 104 tahun silam dipringati sebagai hari Anzac di Australia dan Selandia Baru.

25 April 1915 tentara Australia dan Selandia Baru yang merupakan bagian koalisi Inggris ikut ambil bagian dalam pertempuran Perang Dunia I. Saat itu Australia baru berusia13 tahun tergabung dalam negara persemakmuran.

Kapal-kapal perang dan tentara Australia dan Selandia Baru yang bersandar di Gallipoli, Turki terlibat pertempuran hebat yang menewaskan ribuan nyawa. Peristiwa tersebut dikenang sebagai hari Anzac.

Di negara bagian Queensland, peringatan hari Anzac, dimulai dengan Dawn service (upacara pagi) pada pukul 4.28 berpusat di Anzac Square Brisbane.  Lalu dilanjutkan dengan parade mulai pukul 10 pagi.

Peserta parade

Sementara di subburs Wynnum, 14 kilometer dari Brisbane, Wynnum RSL ( The Returned and Services League)* menyelenggarakan hal serupa.

Upacara pagi diselenggarakan di tempat terbuka, tepat pukul 5 pagi. Diikuti oleh warga setempat beserta veteran. Di Wynnum Bayterace pukul 9 pagi, jalan raya digunakan sebagai rute long march.

Long march dimeriahkan oleh veteran dan keluarga, Angkatan Darat, Laut dan Angkatan Udara, perwakilan  anak-anak sekolah, tim rugby lokal dan masih banyak lagi yang lain. Ada juga peserta yang membawa karangan bunga dan foto-foto prajurit yang gugur di medan tempur.

Peserta parade
Peserta parade

Para warga antusias menyaksikan parade tersebut. Setiap tim yang lewat mendapatkan aplosan meriah dan semangat.

Lest we forget

* RSL club dulu dibangun sebagai tempat berkumpul para tentara yang baru kembali dari tugas militer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *