Membaca Itu Harus, Ini 10 Alasannya

Membaca Itu Harus, Ini 10 Alasannya

 

Pinjem IG Trinity
Literasi di Indonesia memang masih rendah dibanding negara lain. Padahal kita smua tahu bahwa membaca adalah jendela dunia. Berdasarkan data yang dilansir oleh Central Connecticut State University di New Britain, Amerika Seritkat, lima negara pada posisi teratas dalam bidang literasi yaitu, Finlandia, Norwegia, Swedia, Denmark dan Islandia. Indonesia di mana yah? Ternyata Indonesia berada pada urutan 60 dari 61 negara. Satu tingkat lebih tinggi dari Botswana, Afrika sana. (The Jakarta Post, 12 Mar, 2016)


Pengertian Literasi

Sumber : //sites.google.com/site/

UNESCO The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization mendifinisikan Literasi sebagai berikut 

ability to identify, understand, interpret, create, communicate and compute, using printed and written materials associated with varying contexts. Literacy involves a continuum of learning in enabling individuals to achieve their goals, to develop their knowledge and potential and to participate fully in their community and wider society”“The Plurality of Literacy and its implications for Policies and Programs”. UNESCO Education Sector Position Paper: 13.2004

Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Sepuluh alasan menarik di bawah ini dapat dijadikan penyemangat kawan-kawan untuk terus memelihara hobi baca kalian. 

 

10. Mengajarkan kita tentang Hal-hal Baru


9. Dengan Membaca Kalian akan merasa terhibur


8. Membaca Memperkenalkan Kita dengan orang Baru


7. Membantu Anda Bagaimana Menulis dengan Baik dan Benar


6. Membaca Mengembangkan Imiginasi kita


5. Membaca Membantu teman-teman menjadi Pribadi yang Menyenangkan


4. Membaca akan Membawa traveller ke Tempat-tempat baru 


3. Membaca dapat membantu Melatih otak 


2. Membaca membawa kita kepada Masa Lalu


1. Sebab Membaca itu Menyenangkan


Banyak kan manfaat dari membaca, yuks kita bantu g kita atau bahkan lingkungan sekitar memupuk kebiasaan baik dengan membaca, semoga literasi Bangsa ini semakin baik demi masa depan  gemilang.  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *