Berkunjung ke Glow-warms Caves

Berkunjung ke Glow-warms Caves

I wish I was a glow-warm, 
a glow-warm’s never glum
‘cos how can you be grumpy when the sun shines out your bum!

Jika Biasanya cacing hidup di dalam tanah, spesies cacing di Tamborine Mountain, Goldcoast, Australia bertempat tinggal di dalam goa dan ekornya memancarkan cahaya, persis seperti kerlap-kerlip kunang-kunang di malam hari. Habitat cacing ini tepatnya berada di Glow-warms Cave,  Tamborine Mountain, berkendara sekitar dua jam dari arah kota Brisbane, Australia. 
Glow-warms caves ini merupakan salah satu tempat yang bisa Anda datangi saat berwisata dengan tema “alam hijau”, ada juga destinasi lain yaitu air terjun,  skywalk & rainforest walks, wineries dll. Bagi Anda yang ingin menginap, ragam akomodasi tersedia di tengah permadani hijau.

Goa ini terbagi atas dua lokasi Lokasi pertama berada saat kita memasuki goa yaitu ruang audio visual yang difungsikan sebagai tempat briefing dan pemutaran video singkat tentang habitat unik ini. Lokasi selanjutanya adalah rumah cacing berkilau yang terhubung dengan terowongan kecil yang dibuat menyerupai bentuk goa. 
Menurut sang pemandu, habitat cacing berkilau ini hanya hidup di dua tempat di jagat raya ini. Yang pertama di Waitomo Glow-warms Cave, Selandia Baru dan di Mt. Tamborine, Gold Coast, Australia. Cukup dengan membayar AUD 11 atau sekitar IDR 112,000 (harga tiket orang dewasa), Anda akan diajak berkeliling mengenal sudut rumah cacing unik tersebut. 
Pengunjung akan dipandu dengan mengikuti petunjuk awal dan wajib memakai “kalung glow in the dark” yang dipinjamkan pihak pengelola dengan tujuan agar jarak aman antara pengunjung tetap terjaga, dan membedakan “kita” dengan cacing berkilau. Hahah lol, secara dalam goa itu gelap gulita yang berkilau hanya ekor si cacing dan kalung tersebut. yang membedakan adalah bentuk kilauan dari kalung yang kita gunakan. 
Goa di sini merupakan goa buatan manusia, berbeda dengan Glow-warms Cave di Waitomo, yang merupakan gua asli ciptaan Sang Penguasa, perbedaan lainnya adalah waktu tempuh berkeliling cukup singkat dan kita hanya manapaki pathway yang kiri kananya diberi besi pembatas.  Sedangkan di Selandia Baru, Pengunjung akan menyusuri goa dengan perahu yang dikayuh sambil menatap langit-langit goa yang penuh hamparan cahaya yang dipancarkan dari ekor cacing tersebut. Seru Bukan ????

Walaupun goa ini merupakan The man made, Goa ini dilengkapi dengan stalaktif dan stalakmit menakjubkan yang tak kalah dengan goa alami. Paling tidak, ada perhatian dari orang-orang yang peduli akan kelangsungan hidup ekosistem ini.

Bagi Anda penderita Claustrophobia dan Nyctophobia, tidak dianjurkan masuk ke dalam goa.

Berita Buruk bagi yang ingin selfie dengan cacing berkilau, Kamera, baik itu kamera telepon pintar, kamera kantong maupun kamera profesional, tidak diperbolehkan jeprat-jepret.. karena blitz kamera akan membuat cacing-cacing tersebut terusik dan bisa jadi akan mengalami sindrome ‘pusing pala barbie”

Selamat berwisata !!!!!

2 Replies to “Berkunjung ke Glow-warms Caves”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *