Air Terjun Secantik ini, Adanya di Bali !

Air Terjun Secantik ini, Adanya di Bali !

Bali the Island of God

Bali tidak hanya memiliki deretan pantai eksotis saja. Pulau Dewata ini juga punya air terjun yang cantik, segar dan alami. Namanya air terju Gerombong di daerah Buleleng. Bule saja suka ke sini!
Si Bule yang lagi nyeberang sungai didampingi tur guide lokal

Di Dusun Nyuh, Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, tersembunyi air terjun cantik. Inilah air terjun Sekumpul atau juga sering disebut air terjun Gerombong. Mulanya air terjun ini dikelola oleh Desa Sekumpul, kemudian masyarakat Desa Lemukih-lah yang mengelola air terjun tersebut dan diberi nama air terjun Gerombong.

Peta lokasi air terjun

Jarak tempuh dari tempat parkir kendaraan sekitar dua kilometer, traveler bisa menghirup udara segar, melihat indahnya terasering hijau dan merasakan sensasi trekking yang menantang. Karena jaraknya yang cukup jauh dan akses jalan yang curam, kami memutuskan untuk ditemani tur guide lokal.

Ada enam titik air terjun di sini dengan ketinggian sekitar 80-90 meter, namun baru lima air terjun yang bisa dijangkau dengan akses jalan terbatas. 

Pemandangan menuju air terjun

akses menuju air terju; siapkan fisik fit and healthy 
Wisata alam di Bali senantiasa terjaga keasriannya, objek wisata air terjun ini tampak begitu alami, sedikit berbeda dengan wisata air terjun Gitgit (Twin Waterfall), di sini tidak terlihat para pedagang di sepanjang jalan menuju air terjun. Satu-satunya pedagang yaitu penjaja minuman hangat yang berada di pelataran air terjun. Sssstt Turing asing juga suka ke sini.

Air terjun Sekumpul


Air terjun Sekumpul

Saat bulan Maret – April, masih musim buah manggis, kami langsung borong 20kg  dari pengepul lokal, harga per kilo sekitar Rp. 5000.  Jika lapar ada warung yang menjual makanan; standard sih menunya; nasi goreng dan sebangsanya. Penginapan juga tersedia tepat di dekat warung makan tersebut, harga nginap per malam sekitar Rp 150.000 – Rp. 200.000
buah manggis


Enjoy 🙂 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *